oleh

Pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Desa Banjarangsana Panumbangan

Kab.Ciamis LINTAS PENA

Pjs, Kepala desa Banjarangsana Endang Sopyyan SE mengatakan bahwa Demi tetap terselenggaranya fungsi pemerintahan Desa Banjarangsana dan tentunya tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat, maka sisa masa jabatan yang di tinggalkan karena( i) meninggal dunia, (ii) permintaan sendiri/mengundurkan diri ,atau (iii) diberhentikan,maka harus dilakukan Pemilihan antar Waktu,(PAW).

Rujukan hukum yang dapat digunakan adalah pelaturan mentri Dalam Negeri Nomor 82 tahun 2015 (Permendagri 82/2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa,dan permendagri 110/2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pasal 42 permendagri 110/2016 mengatur dan tata cara PAW .terangnya.

Pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa  Antar waktu(PAW). Bertempat di Gedung Olahraga Desa Banjarangsana Kecamatan Panumbangan pada hari Kamis (13/01/2022) berlangsung acara Pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Desa Banjarangsana Panumbangan.

Kegiatan yang baru pertamakalinya dilaksanakan di Desa Banjarangsana Kecamatan Panumbangan ini dihadiri oleh Camat Panumbangan Babhinsa,Babhinkantibmas, BPD. Pj Kepala Desa  Banjarangsana Endang Supyyan SE,Ketua RT RW dan tokoh agama tokoh masyarakat tokoh pemudan dan para tamu undangan lainnya.

Camat Panumbangan  pada kesempatan tersebut memberikan ucapan selamat kepada panitia yang dilantik dan berharap Desa Banjarangsana menjadi  percontohan dalam pelaksanaan Pilkades Antar Waktu.

Amas Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Banjarangsana menyampaikan bahwa BPD dan pemerintah desa telah melakukan rapat membahas unsur masyarakat dari tiap-tiap RW dan banyaknya masyarakat lain yang merupakan perwakilan dari tiap-tiap dusun,sesuai dengan pelaturan Bupati Ciamis  nomor 33 tahun 2018, tentang pemilihan dan pengangkatan kepala Desa tentunya hal ini  untuk menentukan peserta permusyawarah Desa dalam penyelenggaraan pemilihan calon kepala Desa terpilih Antar Waktu,katanya.

Hal senada di ungkapkan Endang Sopyyan SE Pjs kepala Desa Banjarangsana,mengatakan bahwa,dalam rapat pembahasan tersebut telah mperoleh kata sepakat mengenai pokok-pokok pembicaraan para peserta sebagai berikut : 1.Unsur masyarakat dari tiap-tiap Rukun Warga,  dari tokoh agama 15 orang. dari tokoh pendidikan 15 orang.dari perwakilan klompok tani 15 orang..dari perwakulan pengrajin 15 orang.. dari perwakilan pedagang 15 orang.dari perwakilan perempuan 15 orang.dari perwakilan pemuda 15 orang. .ketua RT sebanyak 34 orang. dan ketua RW sebanyak 15 orang..unsur masyarakat lain, yakni dari Dusun Banjarangsana 3. Orang,Dari Dusun Kaliaren, 4 orang.dari Dusun Banjar Pinang 4 orang.dari Dusun Ununeun, 5 prang.dari Dusun Ciwalen 4 orang. dari Dusun Cipetir, 2 orang.dan Dusun Lember 4 prang. Jumlah keseluruhan sebanyak 202.orang,terangnya.

Juga Endang Sopyyan menyampaikan selamat serta berpesan agar panitia selalu menjalin komunikasi dan tetap mematuhi pelaturan yang berlaku,dan agar panitia siap dan wajib mengesampingkan kepentingan pribadi atau klompok serta mentaati pelaturan yang berlaku pungkasnya.(JOHAN ROHANI)*

Komentar