oleh

Peringati HUT Ke-5, Taklim Jurnalistik Gelar Seminar Gratis Terbuka Untuk Umum

Yogyakarta – LINTAS PENA. Momentum perayaan ulang tahun yang ke-5 tahun, Komunitas Taklim Jurnalistik (TAKTIK Community) akan mengelar Seminar Kepenulisan dan Jurnalistik selama 1 bulan full melalui WhatsApp Group dan Zoom Meeting pada 30 November – 30 Desember 2021 yang bertemakan “Mencetak Jurnalis Anti Hoax dalam Membangun Peradaban Literasi”. Demikian pernyataan Mas Andre Hariyanto, Founder Taklim Jurnalistik dalam siaran pers, Sabtu, (25/12/2021).

Diketahui, Taklim Jurnalistik adalah perkumpulan penulis baik yang baru belajar dan berpengalaman menjadi wadah untuk meningkatkan bakat kepenulisan dan jurnalistik, tak terkecuali tentang videographer, desain, public speaking dan mewadahi untuk membuat buku bersama.

“Taklim Jurnalistik hadir sejak 30 Desember 2016, dan kini momentum 5 tahun Komunitas, kita buat seminar dan pelatihan gratis selama 1 bulan penuh, Insya Allah,” terang Ketua Pembina Yayasan Pusat Pembelajaran Nusantara.

Penulis Buku Mutiara Hikmah ini mengungkapkan, Komunitas yang ia dirikan ini sudah banyak melahirkan banyak penulis dan memiliki anggota member sekitar ribuan yang tersebar dari Perwakilan Se-Sumatera hingga Se-Papua termasuk luar negeri yang manakalah pernah juga dibimbing oleh salah satu novelis yang karyanya telah ditonton di layar lebar (Bioskop).

“Milad 5 tahun ini, kita rencanakan selain full 1 bulan Online untuk Seminar, akan ada juga syukuran atau perayaan yang diadakan di Sekretariat Taklim Jurnalistik Pusat yakni di Kabupaten Sleman, Yogyakarta,” tegas pria asal Kota Bonek Mania (Surabaya).

Mas Andre, demikian panggilan beliau, mengundang semua anggota member dari Sabang sampai Merauke untuk ikut serta dalam perayaan “Happy Milad” Taklim Jurnalistik yang ke lima tahun tak terkecuali kepada semua yang memiliki hobby tulis menulis dan membaca yang turut memeriahkan momentum ini. Informasi dan keikutsertaan bisa mengikuti update terbaru di sosial media; @taklim_jurnalistik dan call center 081232729720.

“Silakan bergabung dalam acara Ulang tahun Komunitas ke 5 tahun ini, turut mengundang semua yang suka dunia kepenulisan dan jurnalistik,” ujar Penulis yang aktif menggeluti kajian media sejak 7 tahun lalu.

Mengenal Taklim Jurnalistik

Apa sih TAKTIK Community itu? Semacam juruskah? Oooh tidaak, ternyata bukan itu. TAKTIK adalah sebuah akronim dari Komunitas Taklim Jurnalistik. Berawal dari membaca sebuah postingan di sosial media kemudian saling nge-like dan memberikan komentar dilanjut dengan berkenalan dan berbagi pengalaman mengenai dunia tulis.

Hal inilah yang membuat Andre Hariyanto sang founder, berinisiasi untuk membentuk sebuah komunitas yang diberi nama “Komunitas Taklim Jurnalistik” atau disingkat dengan (TAKTIK Community). Tujuan dibentuknya komunitas ini adalah sebagai wadah generasi muda yang menyukai hobi membaca dan menulis.

“Ternyata dari hasil diskusi didunia maya itulah kita jadi tahu bahwa kami sama- sama memiliki hobi menulis dan membaca. Jadi jangan hanya suka nulis di status ‘sosmed’ aja, kalau bisa tulisannya dikembangkan dan makin berkualitas sehingga bisa dinikmati oleh khalayak umum.”, kata pria kelahiran Mojokerto, 24 Mei 1993.

Adapun visi dan misi dari Taklim Jurnalistik yaitu “Mencetak Jurnalis Muslim yang Anti-Hoax”. Misinya adalah 1) Mengedepankan kejujuran dan non-hoax, 2) Menjalin silaturrahim penulis/jurnalis muslim, 3) Mencetak jurnalis muslim peduli umat, 4) Kaderisasi penulis /jurnalis, 5) Istiqamah menulis untuk dakwah.

Tujuan dari komunitas ini, kata Bang AR, demikian nama pemilik akun sosial media @arcogan sebagai wadah baik penulis junior maupun senior dalam mengembangkan kretifitas dalam bidang kepenulisan. Bukan hanya itu saja, komunitas ini juga bertujuan untuk tempat atau ajang berdiskusi serta mengutarakan pendapatnya terkait ilmu jurnalistik. (RLS)***

Komentar

News Feed