oleh

Ponpes Alam Tahfidz Hamalatul Qur’an Manonjaya Tasikmalaya Sukses Gelar Wisuda Santri, Panen Raya Ikan Bioflok, Mini Soccer dan Tabligh Akbar

Kab.Tasikmalaya LINTAS PENA—Pondok Pesantren Alam Tahfidz (PPAT) Hamalatul Qur’an Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya sukses menggelar berbagai acara diantaranya Wisuda Santri para penghafal Al-Qur’an yang dilaksanakan pada hari Aabtu,25 Mei 2024.Acara wisuda ini merupakan wisuda bagi 54 santriwan Angkatan XI dan 28  santriwati Angkatan ke II Yang telah menempuh pendidikan selama 3 tahun di pesantren tersebut.

Acara wisuda tersebut digelar disalah satu rumah makan yang ada di Kota Tasikmalaya ini berlangsung sederhana namun meriah dan penuh hikmah. Dalam acara tersebut diisi pula tausyiah yang disampaikan oleh Ustadz Oemar Mita Lc. Bagi netizen Indonesia yang aktif di media sosial tentunya dudah tidak asing lagi melihat wajah Ustadz Oemar Mita Lc.Ustadz Oemar Mita memang tidak populer di layar kaca namun wajahnya kerap muncul di berbagai media sosial.

Ustadz asal Kudus Jawa Tengah ini memanfaatkan kemajuan dunia digital dengan berdakwah.Banyak orang yang menyukai beliau karena ceramahnya yang sederhana tapi penuh dengan ilmu dan mudah dicerna serta dipahami.

Dihadapan para wisudawan wisudawati penghafal Al-Qur’an PPAT Hamalatul quran manonjaya Tasikmalaya beliau menyampaikan”Saya apresiasi terbaik buat PPAT Hamalatul Qur’an ‘, saya melihat bahwa sekarang Al-Qur’an sudah mulai diterima dikalangan masyarakat tidak fobia dan alergi dan tentunya pindok pesantren sudah menjadi tempat yang nyaman bagi seluruh komponen pemerintahan .” ujar Ustadz Abu Bassam Oemar Mita nama lengkapnya yang juga sahabat dekat ustadz Adi Hidayat ini.

Terkait peran para penghapal Al-Qur’an di era digital ini Ustadz Oemar Mita mengatakan bahwa para penghafal Al-Quran yang telah diwisuda sebenarnya baru masul ke tahap awal.” Sebenarnya para santri yang menghafal al-qur’an itu baru step pertama.step berikutnya adalah mempelajari maknanya lalu mengetahui petunjuknya dan membumikan Al-Quran dalam kehidupannya dan ini yang paling susah kata ustadz Oemar Mita.

Acara wisudawan-wisudawati Penghafal al quran  PPAT Hamalatul Qur’an  ini diapresiasi juga oleh Ketua Forum Hufazil Qur’an (FHQ) DPD Jawa Barat Ustadz Agus Yosep Abdulloh M.Ag.“Alhamdulillah acara wisuda santri PPAT Hamalatul Quran ini saya lihat makin suses.Harapannya semoga PPAT Hamalatul Quran terus bisa melahirkan generadi-generasi yang Hafal Al-Quranbukan hanya hafal lafadzya saja tapi mudah-mudahan bisa faham isinya dan mampu mengamalkannya.” jelasnya

Salah satu wisudawan Muhammad Sabiq Albar mengaku dirinya sangat bahagia kenapa tikak dia mengaku bahwa ketika dia belajar di PPAT Hamalatul Quran bukan hanya mendapat ilmu agama tapi juga mendapat ilmu yang lain juga.”Pendidikan di pesantren ini mendidik saya menjadi pribadi yang lebih matang dan siap menghadapi tantangan ucap santri asal bandung putra dari pasangan Riki Ristianto dan Dinan Hanifah yang sudah hafal 8 Zuz ini.

Sementara itu Pimpinan PPAT Hamalatul Quran Ustadz Cecep Iwan Ridwan S.Th,M.Pd,C.PE mengatakan kepada LINTAS PENA  , berbagai acara yang kami gelar diantaranya Wisuda santri-santriah,Panen Raya Ikan Bioflok,Reuni alumni angkatan 01-10,Mini Soccer yang mengahdirkan.mantan pemain persib Eka Ramdhani juga tabligh akbar menghadirkan pencetamah Ustadz Oemar Mita Lc telah kami gelar dan berjalan dengan sukses.

” Alhamdulillah,kami sangat berbahagia dengan telah suksesnya rangkaian acara yang di gelar hari Sabtu dan Minggu 25-26 Mei 2024 ini. Kami atas nama keluarga besar PPAT Hamalatul Quran mengucapkan terima kasih kepada  bapak Kadis Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tasikmalaya,perwakilan Bank Indonesia,Muspika kecamatan manonjaya,Direktur Ex-Sha,para alumni dari angkatan pertama sampai 10 tokoh masyarakat,juga kepada Tim PKM -PM UNPER Tasikmalaya yang telah berkolaborasi dengan PPAT melalui program budidaya ikan dalam ember (BUDIKDAMBER) seluruh undangan,para donatur, orang tua wali santri-santriah yang hadir. Kami juga ucapkan selamat kepada 84 wisudawan dan wisudawati selamat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Terima kasih kepada semua semoga PPAT Hamalatur Qur’an kedepannya semakin maju,semakin berkembang dan terus bermanfaat untuk umat,bangsa dan negara “.pungkas UCR panggilan akrabnya.(ADE BACHTIAR ALIF)