oleh

SMK Plus YSB Suryalaya Tasikmalaya Raih Anugrah SMK Award 2022 Kategori Sekolah Berwawasan Kearifan Lokal Tingkat Provinsi Jawa Barat

Bandung LINTAS PENA— Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat memberikan apresiasi kepada sekolah menengah kejuruan (SMK) baik negeri maupun swasta di Jawa Barat. Gelaran SMK Award Tahun 2022 ini diselenggarakan di Grand Sunshine Hotel Soreang Kabupaten Bandung pada hari Selasa 24 Januari 2023

Pada acara SMK Award 2022 ini diinisiasi Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Dinas Pendidikan Jawa Barat  dan terdapat 12 kategori.

Adapun 12 kategori tersebut yakni Sekolah berwawasan karakter kearifan lokal,Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW), sekolah keterserapan bekerja,sekolah bersertifikat profesi, sekolah pembelajaran berbasis IT, Sekolah Manajemen Teaching Factory (TEFA), sekolah berwawasan lingkungan,sekolah inovatif,sekolah memanfaatkan potensi lokal,Sekolah Link and Maatch, sedangkan 2 kategori khusus yaitu sekokah berintregitas dan kepala sekolah berdedikasi istimewa.

Tidak hanya itu,dalam hajat ini sekaligus dilaksanakan pemberian piagam penghargaan kepada SMK dengan rata-rata Test of English for internasional communication (TOEIC) tertinggi dan 10 siswa dengan nilai tertinggi.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat H.Dedi Supandi S.STP.,M.Si mengatakan bahwa SMK Award 2022 ini dilaksanakan berkat kolaborasi yang dilakukan dengan berbagai pihak. “Acara SMK Award 2022 ini dari SMK untuk SMK yang dilaksanakan non APBD  melalui kolaborasi dan inovasi. Tentunya ini bagian yang harus kita laksanakan yaitu melalui kokaborasi dan inovasi demi tercapainya SMK Hebat SMK Bisa,Jabar Juara ujarnya.

Menurut Dedi Supandi,  pihaknya berharap denfan adanya penghargaan ini dapat mendorong SMK kian berperan menjadi lokomotif kemajuan bangsa.Terlebih menyusul ancaman infkasi global maka SMK Jabar dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional melalui sejjmlah program yang telah dilaksanakan di sekolah.

“Tentunya progdam-program gang ada di teman-teman SMK ini seperti program SMK Masuk Desa, Ljnk and Match dan yang lainnya itu merupakan baguan untuk bagaimana kita mendorong pemulihan ekonomi nasional “jelasnya.

READ  Giat "Sobat", Polsek Tebingtinggi Bantu Balita Stunting di Desa Banglas

Lebih lanjut , menurut Dedi Supandi SMK Award 2022 ini merupakan media promosi dalam mempublikasikan keahlian SDM yang dimiliki oleh SMK di Jawa Barat.

            Senentata itu Kepala Bidang PMSK Disdik Jawa Barat Drs.Edy Purwanto mengatakan selama 2022 lalu setiap SMK di Jawa Barat telah bekerja dengan keras,  karena itu pihaknya menilai penting memberikan apresiasi terhadap kinerja tersebut melalui SMK Award 2022.”Tujuanya mendorong peningkatan mutu SMK sendiri itu goalnya “.ujar Edy Purwanto.

Edy Purwanto menjelaskan, penilaian sendiri dilakukan melalui media sosial setiap sekolah yang masuk dalam nominasi membuat film pendek .Tema film pendek tersebut sesuai dengan kategori award denfan durasi maksimal dua menit yang dilaksanakan paling lambat tanggal 10 Januari 2023 lalu.”Kenapa melalui media sosial? Karena agar dilihat orang banyak jadi sekaligus memperkenalkan dan menginformasikan sekokah”. jelasnya.

Diantara sekolah peraih penghargaan dalam SMK Award 2022 untuk kategori Sekolah Berwawasan Kearifan Lokal diraih oleh SMK Plus YSB  Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya  mengalahkan SMKN 2 Bekasi, SMKN 2 Cirebon, SMKN 5 Kuningan dan SMKN 1 Sukanagara Kabupaten Cianjur.

Sementara itu, Kepala   SMK PluS YSB Suryalaya Tasikmalaya Drs.H.Deny H Gandadapoetra MM mengucapkan rasa syukur.  “Alhamdulillah setelah melalui tahapan proses dan seleksi nominasi SMK Award 2022, SMK Plus YSB Suryalaya Tasikmalaya ditetapkan sebagai salah satu pemenang SMK Award 2022 kategori SMK Berwawasan Kearifan Lokal dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

“Terima kasih team kerja SMK Plus YSB Suryalaya atas kekompakan, semangat kerja dan dedikasinya dalam meningkatkan nilai kebermanfaatan lembaga terhadap lingkungan sekitar semoga segala perjuangan dan pengorbanannga menjadi amal kebaikan dan mendapat Alloh SWT Aamiin YRA “jelasnya.

Sedangkan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 12 Tasikmalaya DR.Abur Mustikawanto M.Ed mengatakan kepada LINTAS PENA “Memang selayaknya SMK Plus YSB Suryalaya mendapatkan anugerah Award SMK tingkat provinsi. Karena SMK ini telah banyak melakukan kerjasama dengan industri ternama di Indonesia sesuai bidangnya. Dan ini membuat SMK ini makin maju dan semakin mendekati standar internasional karena bekerjasama dengan industri dari Jepang, yang menerapkan disiplin sangat tinggi dalam bekerjanya. Inilah yang saya berikan apresiasi kepada SMK ini, luar biasa dan mau maju untuk meningkatkan kemampuan siswa siswinya.”jelasnga singkat.(ADE BACHTIAR ALIF)*

Komentar