oleh

Wabup Meranti H.Asmar Buka Secara Resmi Turnamen Gasing Se Provinsi Riau

MERANTI – Wakil Bupati  Kepulauan Meranti AKBP (Purn,) H.Asmar  Buka Secara Resmi Turnamen Gasing Se Provinsi Riau, Kecamatan Merbau kelurahan

Teluk Belitung, (jum’at 16-09-2022)Ajang turnamen gasing ini merupakan budaya dan kesenian yang wajib kita kembangkan serta lestarikan terkhsus di daerah bumi melayu ini.

Ajang turnamen gasing yang di gelar  Kelurahan Teluk Belitung, melaksanakan pertandingan gasing, yang di ikuti beberapa kabupaten kota, se provinsi Riau Bertempat di gelanggang gasing teluk Belitung kecamatan merbau kabupaten kepulauan Meranti.

Hadir camat merbau indat, kepala Desa merbau, Kasubag Kesra kaidir, kasi capil, Misliadi S.H.I Anggota DPRD Provinsi riau, Roni Samudra Ketua HNSI kabupaten meranti, ketua LAMR kecamatan merbau, Tokoh adat. Tokoh agama.Tokoh Pemuda dan undangan yang berkesempatan Hadir.

Dalam sambutan pembukaan turnamen gasing teluk Belitung, wakil bupati H, Asmar menyampaikan menyambut baik dengan terlaksananya kegiatan turnamen ini dapat memberikan nilai-nilai tradisional budaya yang telah hampir hilang ditelan nya zaman Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, semakin banyak pula permainan permainan yang sangat canggih dan didukung dengan teknologi tinggi, dan biasanya permainan permainan ini ditujukan bagi anak-anak. Maka tak heran jika anak-anak sekarang tidak mengenal beragam permainan tradisional yang ada di daerah kita yang kaya akan seni dan budayanya.

Berbeda ketika beberapa tahun atau beberapa puluh tahun yang lalu, ketika kita masih kecil mungkin kita lebih mengenal permainan-permainan tradisional seperti enggrang, bakiak, congklak, kelereng, engklek, layang-layang termasuk permainan gasing.

Perlu kita menyadari bahwa, kemajuan teknologi tidak seluruhnya membawa dampak positif bagi kita namun juga membawa dampak negatif yang tanpa kita sadari, hal ini tentu cukup mengkhawatirkan bagi kita, terutama bagi anak-anak yang sedang mengalami fase perkembangan.

READ  Berkat Sosialisasi Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Gerai Vaksin Presisi di Mapolsek Mangkubumi Cukup Meriah

Saat ini berbagai macam permainan modern telah mudah kita dapatkan, baik secara online ataupun offline dan sangat mudah untuk diakses oleh anak-anak, dan tidak sedikit orang tua yang membiarkannya bahkan ada pula orang tua yang menfasilitasi di rumah, dengan alasan sebagai hiburan anak ketika anak-anak berada di rumah,”Tutur wakil bupati dalam sambutannya.

Wakil Bupati juga mengucapkan Selamat atas terlaksana nya ajang turnamen gasing iniOleh karena itu, melalui kegiatan turnamen Gasing ini saya mengajak masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti Dan desa teluk belitung untuk lebih mencintai permainan tradisional,tentunya dapat mewakili kabupaten Meranti di ajang yang lebih besar lagi tutur wakil bupati dalam sambutannya sekaligus memotivasi kepada generasi muda , di Gelanggang gasing desa teluk belitung kecamatan merbau ini.

Selanjutnya acara di lanjutkan dengan melepaskan gasing pertama oleh Wakil bupati dan sesi foto bersama.(PONIATUN/ Prokopim)

Komentar