oleh

Kadinkes Bengkalis: Pasien Sembuh dan Kasus Baru Covid-19 Masing-Masing Tambah 13 Orang

BengkalisLINTAS PENA

Pasien Covid-19 yang sembuh dan kasus baru terkonfirmasi di Kabupaten Bengkalis, Selasa, 29 Juni 2021, masing-masing bertambah 13 orang.Sedangkan untuk pasien yang meninggal dunia bertambah 1 orang, sehingga di tahun 2021 ini, hingga hari ini, total pasien yang meninggal menjadi 128 orang.

Adanya penambahan 13 kasus baru positif itu, keseluruhan positif Covid-19 di tahun 2021, sampai hari ini, berjumlah 2.664 orang.Rinciannya, 2.338 orang sembuh, 128 orang meninggal dunia, 165 orang menjalani isolasi mandiri dan 33 orang dirawat di rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Ersan Saputra Th menjelaskan, 13 kasus baru yang tercatat hari ini berasal dari 3 kecamatan.“Yaitu, Kecamatan Mandau 10 orang, Bengkalis 2 orang dan Bathin Solapan 1 orang” jelas Ersan.

Ditambahkan mantan Direktur RSUD Mandau ini, 10 kasus baru di Mandau itu berasal dari (desa/kelurahan) Balik Alam 4 orang, serta Pematang Pudu, Air Jamban dan Babussalam masing-masing 2 orang.“Untuk 2 kasus baru di Bengkalis dari Rimba Sekampung dan Pematang Duku. Sedangkan 1 orang dari Bathin Solapan merupakan penduduk Simpang Padang”, imbuh Ersan.

Di bagian lain, karena kasus positif Covid-19 masih terus bertambahnya, Ersan kembali mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini secara kolektif dan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk mematuhi protokol kesehatan. “Seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkalis senantiasa menjalankan 5M kapan dan dimana pun berada. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas”, harapnya.

Sekedar informasi, berdasarkan banyak penelitian, rajin mencuci tangan bisa menurunkan risiko penularan virus, termasuk Covid-19 sebesar 35 persen.

Sementara bila memakai masker kain bisa mengurangi risiko penularan Covid-19 hingga 45 persen. Sedangkan kalau menggunakan masker medis, risiko penularan berkurang hingga 75 persen. (DISKOMINFOTIK/MURNI)***