oleh

Dr.H.D.Yadi Heryadi,Ir.,M.Sc Resmi Dilantik Jadi Rektor Universitas Perjuangan Tasikmalaya Gantikan Prof.Dr.H.Yus Darusman Drs.M.Si

Kota Tasikmalaya LINTAS PENA— Wakil Rektor Universitas Perjuangan Tasikmalaya Dr.H.D.Yadi Heryadi Ir.,M.Sc resmi dilantik menjadi Rektor UNPER Tasikmalaya Periode 2024-2028 menggantikan Prof.Dr.H.Yus Darusman Drs.M.Si yang sudah menjabat selama dua periode.2020-2024.

Dr.H.D.Yadi Heryadi ,Ir.M.Sc merupakan alumni University of Ghent Belgia ini menerima estafet kepemimpinan dari Prof.Dr.H.Yus Darusman Drs.M.Si yang memimpin perguruan tinggi yang ada dibawah naungan Yayasan Universitas Siliwangi (YUS) .

Mantan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi (UNSIL) ini terpilih jadi Rektor UNPER Tasikmalaya setelah sukses meyakinkan senat UNPER dan Pembina serta Pengurus Yayasan Universitas Siliwangi (YUS) dalam proses pemilihan rektor yang mulai digelar sejak awal bulan Mei 2024. Mulai sidang senat yang ketat,muncul tiga nama itu yakni Warek II UNPER Tasikmalaya Dr.H.D.Yadi Heryadi Ir.,M.Sc,Prof.Dr.Ir.Mas Yedi Sumaryadi (guru besar Unsoed) dan Prof.Dr.Syihabuddin (guru besar UPI).

Hanya dalam unsur pembina dan Yayasan Universitas Siliwangi (YUS) Dr.H.D.Yadi Heryadi Ir.M.Sc yang akhirnya diberi mandat untuk melanjutkan kepemimpinan di perguruan tinggi swasta terbesar di Priangan Timur itu.Atas terpilihnya dan dilantiknya jadi Rektor UNPER Tasikmalaya,Dr.H.D.Yadi Heryadi Ir.,M.Sc merasa bersyukur dan bertekad akan sepenuh hati  dan penuh tanggung jawab untuk melanjutkannya.

Dia pun mengaku optimis bisa membantu dalam merealisasikan target UNPER menjadi kampus yang unggul  sebab saat ini 7 dari  10 program studi (Prodi) sudah terakreditasi baik sekali serta dua prodi sesang dalam proses assesment untuk jadi baik sekali.”Sementara satu lagi yakni Prodi Agroteknologi sedang banding dan tengah kita lengkapi agar bisa segera terakreditasi jadi baik sekali .” ujar suami dari Hj.Rahmi Sukarmi usai acara pelantikan dan serah terima jabatan Rektor UNPER Tasikmalaya di Auditorium Gedung Mashudi Kamis 6 Juni 2024 kepada LINTAS PENA.

Acara prosesi pelantikan dilakukam langsung oleh Ketua Umum Yayasan Universitas Siliwangi (YUS)  Brigjen TNI (Purn) H.Eko Irianto S.IP serta dihadiri perwakilan pejabat LLDIKTI Wilayah IV Jabar Banten,Forkompimda Kota /Kabupaten Tasikmalaya,TNI-POLRI,.mitra kerja,para rektor,warek dari perguruan tinggi yang ada di Tasikmala dan Ciamis,perwakilan instansi swasta serta para tamu undangan lainnya.

Dr.H.D.Yadi Heryadi Ir.,M.Sc merasa optimis sebab soliditas,kebersamaan,semangat dan kualitas SDM  di setiap prodi sudah kuat dan terbangun cukup lama.hal itu pulalah yang menjadi kunci dan memacu Yadi Heryadi memberanikan diri untuk memgikuti kontestasi Pemilihan Rektor yang pertama dilakukan secara ternuka.”Terlebih banyak rekan-rekan yang mendukung maju di PilRek itu guna melanjutkan program yang dirintis Prof.Yus Darusman dan estafet kepemimpinan di UNPER  Tasikmalaya”.kata Dr.D.Yadi Heryadi.

Sementara itu Prof.Dr.H.Yus Darusman Drs.M.Si mengaku senang bisa menjadi bagian dalam.sejarah perjuangan UNPER Tasikmalaya dalam memcetak SDM Berkualitas di wilayah ini. “Saya harap keluarga besar UNPER Tasikmalaya bisa mengerjakan pekerjaan rumah yang belum tereallisasi sembari terus meningkatkan sinergi dengan mitra kerja unper yang selama ini terjalin”.

Dirinya merasa berat meninggalkan kampus ini.sebab banyak kenangan dan perjangan yang dilewati bersama-sama,tetapi dengan berat hati harus rela.Terima kasih semuanya”.kata Prof.Yus Darusman.

Ketua Umum Yayasan Universitas Siliwangi (YUS) Tasikmalaya Brigjen TNI (Purn) H.Eko Irianto S.IP mengapresiasi atas kinerja Prof.Yus Darusman selama membangun pondasi UNPER Tasikmalaya hingga saat ini dan banyak prestasi-prestasi yang telah diraih. “Terima kasih atas pemgabdian dan dedikasi Rektor UNPER Tasikmalaya periode 2020-2024 Semoga karsa,karya dan jasa jasanya selama mengabdikan diri sebagai rektor mendapat pahala dan balasan yang berlipat dari Alloh SWT. Kemudian kami sampaikan juga kepada Dr.H.D.Yadi Heryadi Ir.M.Sc selaku Rektor UNPER Tasikmalaya periode 2024-2028 Selamat mengemban amanah ini semoga UNPER Tasikmalaya kedepan lebih maju “jelasnya singkat

Ketua LPPM UNPER Tasikmalaya Dr.Eming Sudiana M.Si menambahkan“Kepala Kelompok Kerja Fungsi Bidang Akademik, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat LLDIKTI IV Jabar Banten Bapak Agus Gumilar, ST., M.Kom. mewakili Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar Banten mengungkapkan, bahwa LLDIKTI Wilayah IV Jabar Banten mengapresiasi berbagai prestasi UNPER. Salah satu prestasi terbaru adalah Dosen UNPER mendapatkan pendanaan penelitian dari DRTPM DIKTI sebanyak 21 proposal. Jumlah tersebut sama dengan perguruan tinggi besar di Jabar yaitu UNPAS. Untuk sekedar diketahui, bahwa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen itu dibawah koordinasi LPPM  ”jelasnya. .(ADE BACHTIAR ALIF)*

Komentar