oleh

Dampak Negatif Investasi Terhadap Sektor Pertumbuhan Ekonomi

Oleh : Elsa Nova Aryanti (MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG)

Pertumbuhan ekonomi merupakan peningkatan dalam produksi barang dan jasa ekonomi, dibandingkan dari satu periode ke periode lainnya. Hal tersebut dapat  diketahui secara nominal atau secara langsung (dapat di sesuaikan dengan tingkat inflasi) yang terjadi pada suatu negara. Suatu Pertumbuhan ekonomi juag memberi gambaran dan informasi sejauh mana aktivitas perekonomian akan menghasilkan tambahan pendapatan atau keuntungan bagi masyarakat pada suatu periode tertentu. Sehingga peran investasi terhadap pertumbuhan ekonomi sangat berpengaruh, tetapi peran investasi tidak hanya berdapak positiv saja melainkan peran investasi terhadap perekonomian juga bisa memeberikan dapat negatif terhadap pertumbuhan ekonomi. Mungkin saat ini yang kita lihat hanya keuntungan atau hasil dari adanya investasi , mungkin banyak orang tidak menyadari bahwasanya dampak negatif investasi terhadap sektor ekonomi ataupun pertumbuhan ekonomi.Selain itu Pertumbuhan ekonomi juga sebagai proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik dalam jangka waktu tertentu, Selain itu.

Dengan adanya investasi Asing ke Indonesia ternyata ada dampak negatif investasi tersebut salah satunya yaitu , Adanya ketergantungan ekonomi dengan negara lain, oleh karena itu besar kecil nya investasi asing sangat bergantung dengan kondisi ekonomi negara yang telah berinvestasi ke Indonesia.

Salah satu contoh negara asing yang berinvestasi ke Indonesia yaitu singapura saat ini singapura merupakan salah satu mitra utama investasi indonesia, meskipun ekonomi singapura cukup terpukul akibat dari covid 19, banyak perusahaan dari negri tetangga yang tidak pergi atau meninggalkan investasi ke Indonesia.

Selain negara tersebut enggan kehilangan investasi yang telah ditanamkan ke Indonesia, merekapun sangat mempercayai Indonesia sebab hubungan antara kedua negara tersebut hubunga nya sangat erat sampai saat ini. Tentu saat ini banyak para investor asal negara tetangga banyak yang sudah pergi dari negara Indonesia dengan banyak nya investor yang sudah tidak berivestasi ke Indonesia dapat dilihat  untuk saat ini dampak adanya covid 19 dan berkurangnya investor yang ada, ini sangat berpengaruh terhadap perkonomian Indonesia karena dengan adanya dampak tersebut ekonomi indonesia semakin menurun.

READ  Dampak Positif Dari Pembelajaran Jarak Jauh

Selain itu dampak negatif investasi juga dapat melemahkan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Dapat kita lihat juga meskipun investasi asing dapat meningkatkan devisa suatu negara, ternyata Investasi asing juga dapat melemahkan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

Hal ini terjadi karena adanya kewajiban dimana perusahan di haruskan mengirimkan dividen ke negara asal.Karena dengan adanya deviden tersebut, banyak investor asing yang menjual rupiah yang mereka miliki dan memeberikan dollar .Akibatnya permintaan nilai tukar dollar dan mata uang  rupiah  sangat menguat. Selain itu nilai tukar juag berdampak atau berpengaruh terhadap perusahaan dan pemerintah, karena Indonesia semakin kesulitan mengimpor barang atau jasa sebab dari sudut pandang Indonesia barang – barang impor akan jauh lebih mahal prosesnya.

Dapat kita lihat contoh berikut akibat terjadinya nilai mata uang menurun  ketika kurs dollar terhadap rupiah adalah 1 dollar sama dengan 10.000 dan harga minyak per barrel adalah 1 dollar, maka  ketika itu masyarakat Indonesia bisa mengimpor minyak hanya dengan 10.000 rupiah per barrel.Namun, jika nilai tukar dollar terhadap rupiah menguat dari  10.000 ke 14.000, kini masyarakat Indonesia perlu mengeluarkan 14.000 rupiah untuk mengimpor minyak 1 barrel. 

Selain dampak di atas dampak dari adanya investasi yaitu Eksplolitasi sumber daya alam dan perusakan lingkungan. Selain para investor banyak yang berinvestasi ke perusahan ternyata banyak juga investasi asing yang bergerak dalam bidang pertambangan seperti freeport. Seringkali penambangan perusahaan-perusahaan seperti ini tidak diikuti dengan kepatuhan terhadap Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) yang tepat dan transparan. Akibatnya, pencemaran lingkungan dan perusakan habitat sumber daya alam di mana-mana. Sebenarnya setiap perusahaan asing yang berdiri di Indonesia harus tunduk terhadap peraturan-peraturan di negeri ini. Hanya saja, banyak ahli menilai bahwa terdapat ketimpangan kekuasaan antara pemerintah negara berkembang dan pemerintah negara maju asal perusahaan asing tersebut.Jadi, pemerintah negara berkembang cenderung lemah dalam menerapkan hukum-hukum seperti ini. 

READ  Menumbuhkan Budaya Menulis Melalui Jurnal Siswa

Untuk bisa meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi Indonesia tahun 2022, perlu adanya peran strategis yakni pembentukan modal. Nah, pembentukan modal ini nantinya bersumber dari hasil kegiatan investasi dan pendanaan di beberapa pasar keuangan. Maka dari itu, modal yang ditanamkan oleh investor (perusahaan maupun individu) bsia membantu perekonomian dalam menambah stok modal yang diperlukan.

Komentar