oleh

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di SMPN 1 Bathin Solapan Kab. Bengkalis

Bathin Solapan, LINTAS PENA

Seiring dengan rencana sekolah tatap muka yang akan dibuka , pemerintah mengharuskan kepada satuan Pendidikan untuk melaksanakan vaksin Covid-19 kepada pelajar, tenaga pendidik dan pendidik.

Percepatan vaksinasi dimaksudkan untuk mencegah terjadinya resiko penularan Covid-19 dan pembelajaran tatap muka bisa lebih aman. Hal ini sesuai dengan Surat Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 kabupaten Bengkalis nomor : 144/SKRT-SATGAS/COVID-19/2021 Tanggal 6 Desember 2021 tentang vaksin pada anak sekolah usia 12-17 tahun dan dibarengi surat edaran dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis dengan nomor surat : 420/DISDIK-SEKRE/2021/8 102 tanggal 7 Desember 2021.

Berdasarkan surat edaran tersebut, SMPN 1 Bathin Solapan melaksanakan vaksin Covid-19 terhadap pelajarnya. Kegiatan itu dilaksanakan pada Kamis, (16/12/ 2021) di SMPN 1 Bathin Solapan dalam wilayah kerja Puskesmas Balai Makam.

Kegiatan ini diikuti 337 peserta didik, dengan persyaratan membawa KK dan harus berumur 12 tahun pada tanggal 16 Desember 2021 serta tidak mempunyai riwayat penyakit bawaan. Vaksinasi adalah pemberian vaksin (antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibody) sistem imun di dalam tubuh.

Vaksinasi sebagai upaya pencegahan yang sangat handal dalam mencegah penyakit  serta virus yang mungkin terdapat dalam tubuh.

Vaksinasi terhadap anak yang dilakukan di SMPN 1 Bathin Solapan di ruangan computer dilaksanakan sesuai prosedur yang benar. Mulai dari kegiatan pengisian data sekaligus penyerahan kartu keluarga. Kemudian, sebelum proses penyuntuntikan dilakukan, anak akan ditanyakan terlebih dahulu oleh tenaga Kesehatan terkait keluhan, riwayat penyakit, alergi, dan lain-lainnya. Selanjutnya anak akan dicek tekanan darah dan suhu sebelum disuntik vaksin. Jika sudah selesai dan memungkinkan untuk dilakukan proses penyuntikan , maka anak akan diarahkan ke meja penyuntikan vaksin Setelah proses penyuntikan selesai, anak akan diberikan kapas atau pembalut kecil untuk menutupi area lengan yang sudah disuntik. kemudian disuruh duduk sejenak.

Kepala SMPN 1 Bathin Solapan, Dr.H.Syahbuddin,M.A mengapresiasi kegiatan ini, yang bertujuan  agar anak memiliki kekebalan tubuh dan terlindungi dari Covid-19. sehingga pembelajaran tatap muka bisa di buka kembali. Kegiatan ini memang tidak100%  peserta didik SMPN 1 Bathin Solapan yang disuntik hari ini dikarenakan berbagai alasan ada yang sakit, tidak diizinkan orang tua bahkan takut untuk di suntik tapi, itu hanya beberapa orang.

Syukur alhamdulillah, pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar SMPN 1 Bathin Solapan barjalan lancar. Harapan kami jajaran SMPN 1 Bathin Solapan kepada peserta didik yang belum disuntik vaksi Covid-19  dari yang sakit segera disembuhkan, yang takut diberi keberanian  dan yang sehat agar sehat teruslah hendaknya, Amin.( ZUL )

Komentar