oleh

Apel Siaga Bencana Tingkat Kab.Ciamis

Ciamis, LINTAS PENA

Bertempat di Alun – alun Kabupaten Ciamis selasa(21/10/2020) digelar Apel Siaga Bencana tingkat Kabupaten Ciamis, Apel dipimpin oleh Bupati kabupaten Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, MM, dengan penanggungjawab kegiatan Kepala BPBD Kabupaten Ciamis Drs. H. M. Soekiman.

Kegiatan Apel Siaga Bencana ini diikuti oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis, Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Para pejabat dilingkungan Pemda Kabupaten Ciamis, Para Pejabat TNI/Polri dari Kodim 0613 Ciamis dan Polres Ciamis, Ormas dan OKP Kab  Ciamis, Sat Pol PP Kab. Ciamis, Dishub Kab Ciamis, BPBD Kab Ciamis, Tagana Ciamis, PMI Kab. Ciamis, Mapala Unigal dan IAID Ciamis, dan Kwarcab Pramuka Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutanya Bupati Ciamis selaku pimpinan apel menyampaikan bahwa Kabupaten Ciamis menurut catatan BMKG termasuk daerah yg memiliki kerentanan tertinggi untuk tingkat nasional karena masuk dalam peringkat 16 dari l.k 500 daerah, sedangkan di tingkat provinsi berada pada urutan ke 5, tingginya kerentanan di sebabkan berbagai faktor seperti gempa bumi tanah longsor, banjir dan angin kencang sehingga masih tinggi resiko yang dihadapi, Penanganan bencana merupakan resiko semua pihak sehingga masyarakat dan pemerintah harus bertanggung jawab sepenuhnya, tingkat kesiagaan harus disiapkan dalam menghadapi bencana dan ditingkatkan secara efektif, sudah sepatutnya gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan bencana d Wilayah Kabupaten Ciamis,”Tuturnya.

“Kepada masyarakat kabupaten ciamis, tingkatkan kesiapsiagaan bencana alam didaerah, jaga peralatan yang dimiliki agar berfungsi dengan baik, untuk semua SKPD harus memahami dan menjalankan tupoksi sesuai dengan kontijensi, supaya tetap waspada dan mengenali jenis bencana yang kemungkinan terjadi di lingkungan masing-masing, dan terus melakukan sosialisasi dan menyampaikan informasi tentang bencana alam kepada masyarakat”

Untuk selanjutnya Bupati Ciamis beserta unsur Forkopimda Kabupaten ciamis melaksanakan peninjauan alat-alat perlengkapan penanganan bencana alam dari berbagai Dinas Instansi, selama pelaksanaan kegiatan berjalan aman, tertib, lancar dan kondusif. (EDIS RUSMANA/ HUMAS POLRES)***

Komentar