oleh

KwarCab Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis Gelar Lomba Masak Nasi Liwet

Ini Dalam rangka memperingati hari jadi ke-378 Tatar galuh ciamis yang kedua dalam rangka silaturahmi pengurus kwartir cabang yang baru dengan ketua mabicab para andalan ranting se-kabupaten ciamis, event nasi liwet biasanya yang lomba liwet itu peserta didik penggalang atau penegak sekarang bagian pembinanya,” ungkap Nanang Permana selaku ketua kwartir cabang kabupaten ciamis disela acara saat wawancara awak media di Sekertariat Kwartir cabang Pramuka kabupaten ciamis Provinsi Jawa Barat, Sabtu (13/06/2020).

Lomba Nasi Liwet Pramuka ini dilakukan dalam momentum hari jadi Ciamis yang ke -378 juga sebagai sarana silaturahmi antar sesama pengurus pramuka.

Nanang berharap dengan kegiatan ini terjalin erat silaturahmi diantara kwartir cabang dan wabicab dengan 7 kwartir ranting di tiap kecamatan di kabupaten ciamis,” katanya.

Peserta yang mengikuti 26 kecamatan dibagi menjadi 4 rombongan, masing rombongan 6 sampai dengan 7 orang.

” Pemenang juara 1 akan mendapatkan piala dari ketua Kwarda dedi yusup dan juara kedua dari Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sebagai ketua majelis pembimbing daerah (Wabida) dan Juara 3 dari Kwartir cabang Nanang Permana”

Arena Lomba liwet ini bukan sebuah pertandingan, jadikan sebagai satu proses silaturohim diantara kader- kader gerakan pramuka dewasa, secara individu ataupun lembaga terjalin kerjasama yang erat antara kwartir ranting, kwartir cabang dengan majelis pembimbing cabang yang dalam hal ini ketuanya adalah pa bupati,”jelas nanang.

Sebagai menyambut penerapan AKB, kita tetap kreatif melaksanakan aktivitas namun tetap mematuhi protokol kesehatan dan physical distancing disetiap kegiatannya.

Sementara itu, Bupati Herdiat (Mabida) saat diwawancara awak media mengatakan,” silaturahmi dengan kwartir kwartir yang ada, ada 27 kwartir, tapi karena sekarang sedang PSBB ini dibatasi dibagi beberapa tahapan hanya 7 kecamatan untuk hari pertama, sambil mengadakan lomba nasi liwet,”katanya.

Sekalipun memasuki AKB tetapi tetap mengikuti protokoler kesehatan.

Herdiat mengatakan,” ini sebagai inovasi kreasi inovasi kwartir cabang Kabupaten Ciamis sangat luar biasa yang jelas bisa menjalin silaturahmi sekalipun dalam suasana pandemi Covid-19, kegiatan harus jalan dengan protokol kesehatan,”ungkapnya.

Sebagai upaya penerapan physical distancing lomba ini dibagi menjadi 4 kloter yang dilaksanakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu.

Intinya pramuka bagaimana menciptakan kader – kadernya hidup bermasyarat, bergotong royong, bahu membahu untuk kepentingan masyarakat,”Pungkas Herdiat. (Edis Rusmana)

Komentar