oleh

Luar Biasa, Nurhayati Fauziah, S.Pd.Gr Guru Honorer di Kab. Garut Membuat Aplikasi Absensi dan Kantong Tugas Berbasis Android

NURHAYATI Fauziah, S.Pd.Gr merupakan guru dari SDN 1 Haurpanggung Kecamatan Tarogong Kidul Kab. Garut yang berstatus masih honorer dalam mengikuti Pendidikan guru penggerak angkatan pertama di Kabupaten Garut telah membuat inovasi yang luar biasa. Salah satu karyanya yakni membuat aplikasi absensi dan kantong tugas berbasis android, ini dibuat semata-mata untuk memfasilitasi kebutuhan murid dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh dan blended learning.

Aplikasi absensi dan kantong tugas berbasis android ini dibuat berdasarkan keluhan para murid yang sering tertumpang tindih ketika membuat daftar hadir menggunakan WhatsApp grup kelas. Sehingga guru cerdas ini menemukan ide supaya mempermudah murid dalam mengabsen serta mengumpulkan tugas-tugasnya dengan jalur pribadi dan serta mudah dicari karena sudah terinstal di handphone-nya masing-masing.

“Aplikasi Absensi dan kantong tugas berbasis android ini dibuat untuk absensi harian dan tempat untuk mengumpulkan tugas kegiatan belajar murid setiap harinya, dalam 1 aplikasi ini saya siapkan untuk 3 kelas dalam 1 rombongan yakni kelas 6A, 6B dan 6C, ini merupakan aplikasi web dan seluler tanpa memerlukan pengalaman coding untuk memenuhi kebutuhan murid”, tutur Nurhayati.

Untuk membuat aplikasi ini terlebih dahulu kita harus membuat server data melalui google spreadsheet kemudian aktivitasnya disinkronkan ke sumber data yang terhubung menggunakan Appsheet. Aplikasi bersifat dinamis dan dapat digunakan di seluruh smartphone murid hanya menginstal dari link yang dishare atau dibagikan guru.

Maka tampilannya akan muncul di layar halaman utama handphone setara dengan WhatsApp, Facebook dan aplikasi lainnya yang sudah terinstal di smartphone-nya masing-masing. Untuk server data, karena aplikasi ini dibuat untuk 1 rombongan belajar yang terdiri dari 3 kelas, maka server data berupa google spreadsheet ini dapat pula dibagikan kepada wali kelas lainnya untuk melakukan pengecekan dan mengunduh isi dari tugas-tugas serta kehadiran murid yang terupload dalam aplikasi tersebut setiap harinya.

READ  Bhabinkamtibmas Desa Mekarwangi Monitor Penyaluran BPNT untuk Bulan Agustus

Berikut adalah tampilan dari aplikasi Absensi dan Kantong tugas berbasis Android, dimulai dari proses instalasi dan tombol yang terdapat dalam aplikasi berbasis Android ini :

Komentar