oleh

Bupati Ciamis Resmikan Stadion Atletik “Prabu Linggabuana” di Kelurahan Linggasari

Ciamis, – LINTAS PENA

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya meresmikan Stadion Atletik Prabu Linggabuana yang berada di Kelurahan Linggasari Kecamatan Ciamis pada Selasa, (18/01/2022). Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Ciamis, Sekretaris Daerah, Ketua KONI Jawa Barat, Ketua Koni Ciamis, Unsur Forkopimda Ciamis, para Kepala SKPD, Para Camat, Tokoh masyarakat dan para tamu undangan lainya

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Ciamis. Stadion atletik tersebut sudah bertaraf internasional sesuai dengan standar International Association of Athletics Federations (IAAF).

Dalam sambutanya, Bupati Ciamis menyampaikan masyarakat Tatar Galuh Ciamis saat ini tengah bergembira dengan telah diresmikannya stadion atletik bertaraf internasional, meskipun belum selesai secara keseluruhan dan baru mencapai 99%.

“Alhamdulillah hari ini sangat bergembira sekali, stadion atletik 99% sudah selesai, tinggal sarana prasarana penunjangnya, Insyallah akan kita laksanakan walaupun di tengah-tengah keterbatasan,” Ucap Bupati.

Bupati mengungkapkan meskipun dalam keterbatasan akibat refocusing, pemerintah akan tetap bersemangat membangun meskipun secara bertahap.

Diterangkanya, latar belakang pembangunan stadion atletik ini adalah berawal pada tahun 2014 saat atlit Kabupaten Ciamis mengikuti Porda di Kabupaten Bekasi.

“Alasan kenapa bercita-cita membangun stadion atletik adalah berawal dari tahun 2014 lalu, ketika Porda di Bekasi, dimana saat itu Ciamis memperoleh peringkat ke 26 dari 27 Kabupaten Kota di Jawa Barat, “terangnya.

“Saat itu atlit-atlit kita banyak di tarik oleh daerah lain, tapi itu tidak akan mengubah sejarah,” Tegasnya.

Menurutnya, dengan dibangunnya stadion ini sekaligus membuktikan bahwa atlit Ciamis tidak akan hanya jago kandang tetapi juga jago tandang.

Ditambah lagi, Bupati mengungkapkan bahwa Kabupaten Ciamis akan menjadi tuan rumah pada Porprov 2022 dengan 9 cabang olahraga. “Atletik ini tidak kurang dari 50 nomor yang diperebutkan, itu artinya ada 50 medali emas, 50 perak dan 50 perunggu, jadi kita bisa mendulang medali dari satu cabang olahraga atletik,”jelasnya.

READ  Pemdes Selacai Berdayakan Kyai dan Ustadz Lewat Pelatihan & Pengembangan Ternak Domba

Terakhir Bupati berharap dengan diresmikanya stadion atletik tersebut diharapkan bisa melahirkan atlit-atlit berprestasi yang mempunyai reputasi nasional dan internasional.

Sementara itu, Kepala Disbudpora Ciamis Erwan Darmawan mengatakan stadion atletik tersebut dibangun sejak tahun 2016, namun baru dapat deselesaikan pada tahun ini.

“Pembangunan stadion atletik ini sejarah bagi kita semua, hanya sedikit stadion berstandar internasional, dan stadion ini secara kualitas dan ukuran sudah di jamin IAAF, ” ucapnya.

Sementara itu, dijelaskanya bahwa nama Prabu Linggabuana diambil dari nama Raja Galuh yang memiliki keagungan dan melahirkan keturunan yang hebat. “Mudah-mudahan dengan keagungan nama dan tempat ini bisa melahirkan atlit-atlit yang hebat, ” Tandasnya. . (SUNAR/KOMINFO)****

Komentar