oleh

Digitalisasi UMKM, Pemerintah Kabupaten Ciamis Gandeng Perbankan Berikan Layanan Untuk UMKM

Ciamis, LINTAS PENA

Pemerintah Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan Bank BJB Cabang Ciamis melaksanakan kegiatan Sosialisasi Produk dan Layanan Perbankan untuk UMKM Binaan Pemerintah Kabupaten Ciamis, bertempat di Aula Kantor Bank BJB Cabang Ciamis, Selasa (26/10/2021).Sebanyak 50 orang UMKM Binaan Pemerintah Kabupaten Ciamis se-Kabupaten Ciamis hadir sebagai peserta sosialisasi.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan, David Firdha, SH MH membuka acara bersama dengan Pimpinan Bank BJB Cabang Ciamis yang diwakili oleh Manajer Bisnis UMKM Bank BJB Cabang Ciamis, Dadang Gunari.

Dalam sambutannya, David Firdha menyampaikan bahwa di masa Pandemi Covid19, UMKM  dituntut untuk berinovasi agar bisa bertahan. Salah satu solusi pemasaran ditengah pemberlakuan PPKM adalah memanfaatkan teknologi Informasi.

Ditambahkan David, Pandemi Covid-19 membuat peluang pemasaran produk melalui media sosial atau marketplace semakin besar. Selain Itu sistem pembayaran digital atau non tunai telah menjadi sebuah kebutuhan untuk bertransaksi di tengah pandemi Covid-19.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Dinas Koperasi UKM Dan Perdagangan Kabupaten Ciamis berkolaborasi dengan Bank BJB guna mendukung percepatan digitalisasi UMKM melalui fasilitasi pembuatan QRIS bagi UMKM.

“Diharapkan, dengan adanya kolaborasi bersama Bank BJB Cabang Ciamis, UMKM naik kelas di Kabupaten Ciamis diharapkan dapat terwujud”. Ujarnya.

“Selain mendorong penerapan digitalisasi, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Koperasi UKM dan perdagangan, berupaya pula memberikan nilai tambah produk melalui fasilitasi kemasan”. Imbuhnya.

Pada tahun 2021, fasilitasi kemasan diberikan bagi 50 UMKM industri makanan olahan. Bersamaan dengan kegiatan sosialisasi, UMKM yang mendapatkan fasilitasi kemasan, menerima secara simbolis kemasan yang diserahkan oleh Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan. “Diharapkan, dengan kemasan yang diberikan dapat menambah daya saing produk UMKM sehingga produktifitas dan omsetnya semakin meningkat”. Harapnya.

Dalam kegiatan sosialisasi, disampaikan materi produk dan layanan Bank BJB untuk UMKM yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank BJB dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Bank BJB.

Untuk kebutuhan permodalan, Bank BJB sebagai bank milik pemerintah daerah siap memberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat bagi UMKM melalui KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil dengan bunga 6% dan flapond serta jangka waktu yang bervariasi sesuai dengan jenis layanan KUR bjb.

Guna memenuhi kebutuhan transaksi non tunai, Bank BJB menghadirkan QRIS Bank BJB. QRIS Bank BJB bersifat inklusif, dapat digunakan untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di merchant.

Selain mensosialisasikan produk dan layanan bagi UMKM, Bank BJB juga memberikan dukungan bagi kegiatan usaha UMKM. Peserta diberikan kemudahan dalam pembuatan QRIS, setiap peserta dibuatkan rekening tabungan oleh Bank BJB dan akan mendapatkan QRIS yang telah dicetak oleh Bank BJB.(SUNAR/DISKOMINFO)****

Komentar

News Feed