oleh

Ketua BPD & Plt Kades Sukamukti Peringati HUT RI dengan Karnaval dan Pawai Pembangunan

Kab. Tasik LINTAS PENA.  – Jajang Plt Kades dan Ketua BPD Asep Wawan, Desa Sukamukti Kecamatan Cisayong, melaksanakan Karnapal /pawai Pembangunan untuk meperingati sekaligus memeriahkan  dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia dengan rute yang telah di rencanakan panitia pemerintah Kecamatan, Kamis (18/08/22).

Pawai Pembangunan dan seni budaya diikuti Seluruh warga Masyarakat Desa Sukamukti tumpah ruah turun menjadi peserta, dari mulai dari anak anak, sampai yang lanjut usia, Jajang, Plt Kades Sukamukti yang didampingi Asep Wawan ketua BPD desa Sukamukti mengatakan pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sesuai dengan Tema HUT Ke 77 Republik Indonesia yakni pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat pada hari ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke 77 Republik Indonesia, seiring dengan melandainya kasus COVID-19 serta distribusi vaksinasi yang kian merata, Pemerintah Kecamatan Cisayong  melangsungkan pawai Pembangunan seni dan budaya.

Jajang Plt Kades Sukamukti dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat yang telah datang dan mengikuti Pawai Pembangunan dan pawai budaya ini, semoga ini menjadi hiburan yang mendidik dan menumbuhkan kebanggaan terhadap Desa Sukamukti yang tercinta ini.

 “Lebih dari sekedar pawai Pembangunan dan pawai seni dan budaya, kita dapat melaksanakan bagaimana event-event semacam ini dapat menggerakkan roda perekonomian, walaupun sifatnya temporer, akan tetapi dengan skala yang lebih masif dan menjadi kegiatan rutin disetiap perayaan HUT ke 77 RI, maka akan dapat secara konsisten menggerakkan roda perekonomian di Desa Sukamukti,” ucapnya.

Lanjutnya, kembali kepada esensi pelaksanaan pawai Pembangunan dan pawai budaya ini, ada pesan yang disampaikan, yakni melihat ragam peserta pawai budaya ini walaupun berasal dari banyak warga desa tumpah ruah,  dengan menggunakan pakaian adat kedaerahan yang berbeda, tetap secara teratur dalam satu barisan dan satu tujuan yaitu untuk menyemarakkan perayaan Hut ke-77 Republik Indonesia terangnya.

READ  Ketua DPRD OKI Abdiyanto Fikri Gelar Reses Tahun 2021 di Kecamatan Tulung Delapan

Pawai seni dan budaya merupakan representasi dari kearifan Budaya lokal, sehingga tahu identitas sebagai Masyarakat Desa Sukamukti kecamatan Cisayong, kewajiban kita untuk melestarikan budaya ini agar tetap bertahan dan berkembang hingga generasi-generasi penerus kita selanjutnya.“Saya mengajak kepada seluruh Lapisan, baik masyarakat, Aparat Pemerintahan, dan organisasi lainnya di desa Sukamukti Cisayong, untuk ikut menjaga Desa Sukamukti, Aman, tertib dan damai agar tercipta situasi yang Kondusif ,” Pungkasnya. (JOHAN.) *

Komentar