oleh

Kodim 0613 Ciamis Bantu Rehab Rutilahu di Kota Banjar

Banjar, LINTAS PENA

Warga Lingkungan RT 14/ Rw 6, Dusun Sukamaju, Desa Mulyasari, Kota Banjar,  yakni Bu Yoyoh kini bisa tidur dengan tenang. Hal tersebut dikarenakan Satkorwil Kodim 0613 Ciamis telah merehab rumahnya yang sebelumnya tidak layak huni.

Rumah yang sebelumnya hanya berbilik bambu, sering bocor ketika musim penghujan dan tidak layak huni itu, sekarang sudah berganti tembok yang permanen.

Hal tersebut setelah Satkorwil Kodim 0613 Ciamis membangunnya melalui program Kharya Bhakti TNI.

Dandim 0613 Ciamis, Letkol Czi Dadan Ramdani, mengatakan, awalnya Ibu Yoyoh tinggal di rumah tidak layak huni, di sebelah rumah yang saat ini dibangun.Namun, atas koordinasi dengan pihak desa dan kecamatan, pembangunan rehab rumah ini menjadi sedikit bergeser. Sehingga pembangunannya harus mulai dari awal.“Ini bukan rehab, tetapi pembangunan dari awal,” kata Letkol. Czi Dadan Ramdani saat peresmian rehab rumah, Jumat 11 Desember 2020.

Bantuan rehab rumah tidak layak huni ini, lanjutnya, merupakan program bantuan dari TNI Angkatan Darat. Sedangkan besaran anggaran yang disediakan sebesar Rp 35 juta.

Program bantuan tersebut rutin dilakukan setiap tahun, dengan target sasaran pembangunan fisik, untuk membantu warga masyarakat yang rumahnya sudah tidak layak huni.“Kalau untuk sasaran non fisiknya, kami membangun kebersamaan melalui semangat gotong royong bersama warga dan pemerintah,” ujarnya.

Pihaknya pun memberikan apresiasi atas partisipasi masyarakat serta pihak pemerintah yang telah mendukung program tersebut. Sehingga, bisa tuntas sesuai waktu yang dijadwalkan.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak atas terselesaikannya pembangunan ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi keluarga Ibu Yoyoh,” ucapnya.

Walikota Banjar yang berkesempatan hadir pada kesempatan tersebut menambahkan bahwa perbaikan rumah tidak layak huni ini menjadi bukti gotong royong dan persatuan masih terbangun dengan baik.

READ  APBD Perubahan Bengkalis 2021 Rp 3,5 Trilliun Disetujui

Beliaupun berpesan agar warga masyarakat Kota Banjar terus melestarikan semangat kebersamaan dan gotong royong tersebut.“Kita lestarikan budaya gotong royong dan semangat kebersamaan untuk membantu  sesama warga yang membutuhkan,” ujar Wali Kota.

Ibu Yoyoh menyampaikan terima kasih atas bantuan rehab rumah yang ia terima. Sehingga sekarang rumahnya lebih nyaman dan tidak khawatir ketika ada hujan deras.

“Terima kasih. Rumah saya sekarang lebih kokoh dan nyaman jadi tidak was-was lagi.(AJAT SUDRAJAT/ KOMINFO)***

 

Komentar