oleh

Irenia Sakinah: “Bisnis Online Melalui Jasa Shopee Banyak Keuntungannya”

IRENIA SAKINAH nama lengkapnya, mahasiswa Kesehatan Masyarakat 2018 Universitas Negeri Siliwangi (UNSIL) Tasikmalaya yang juga sedang merintis usaha kecil kecilan sebagai owner “MUSLIMAH BEAUTY CARE” ini mengaku sangat terbantu dengan adanya e-commerse seperti Shopee dalam memasarkan skincare/ produk kosmetik kepada konsumen.Terutama dalam hal layanan dan pelayanan yang diberikan Shopee yang sangat memuaskan. Karena itu tak mengherankan, usaha yang dirintisnya merangkak naik, perlahan tapi pasti dan kini dinilai cukup berkembang   pesat. Omset meningkat dan keuntungan yang diraih pun cukup besar.

            Irenia Sakinah mengungkapkan, “Dengan adanya e-commerce Shopee ini sangat membantu  usaha saya di bidang skincare atau produk kosmetik yang dirintis sejak tahun 2019, dimana saat itu saya masih   menjadi mahasiswa baru di Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Pada awalnya, saya hanya iseng, tapi ternyata bisnis online dengan jasa Shopee menguntungkan. Tidak ribet deh,”

“Meskipun saya jurusan Kesehatan Masyarakat , namun apa salahnya saya bergelut didunia bisnis dan marketing. Salahsatu toko online atau marketplace yang saya percaya adalah Shopee “jelasnya.

            Irenia Sakinah mengaku, bisnis online produk kosmetik melalui jasa e commerce Shopee, yang awalnya dengan modal usaha tidak begitu besar. Perlahan tapi pasti, usahanya terus berkembang, dan ini bisa dilihat dari omset penjualan yang dari hari ke hari terus meningkat pula. “Dengan banyaknya kemudahan yang diberikan Shopee, maka produk kosmetik dan lainnya yang saya tawarkan, ternyata banyak yang tertarik untuk membelinya. Bahkan banyak konsumen yang menjadi pelanggan tetap.”

            Untuk menarik minat konsumen agar belanja online melalui Shopee, kata cewek cantik ini, dia melakukan berbagai terobosan inovatif. Salah satunya gencar melakukan promosi melalui media sosial (medsos), instagram, facebook dan lainnya. Juga sering mengikuti seminar bisnis online, hingga kemudian Irenia Sakinah sendiri “didaulat” menjadi pembicara atau pemateri  bisnis online dalam berbagai seminar.

READ  Caleg DPRD Jabar Hj.Ajeng Anjarsari Senam Bersama Ibu Ibu Kader se Kecamatan Sariwangi
Irenia Sakinah: “Bisnis Online Melalui Jasa Shopee Banyak Keuntungannya”

            Dia berterus terang mengaku bangga, tatkala diundang sebagai pemateri acara Inspiring Class yang dilaksanakan oleh UKMF Inspire Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) pada 13 November 2020 dengan mengangkat tema “How to Manage Your Small Business Finances. secara virtual. “Ya, tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya. Karena pada dasarnya ,saya belajar ilmu kesehatan, tapi karena sayapun menggeluti dunia bisnis jadi saya sharing bersama mengenai manajemen keuangan usaha kecil. “ungkap gadis cantik penyuka warna pink .

            “Walau banyak menerima undangan menjadi pembicara bisnis online, tapi usaha yang saya rintis tetap jalan, terlebih kini saya punya 2 orang pekerja yang selalu standby melayani konsumen.”

            Sejak awal merintis bisnis online melalui jasa Shopee, kata Irenia, banyak keuntungan yang didapatkannya selama ini.”Dengan memberikan layanan dan pelayanan terbaik dari Shopee bagi pembeli yaitu fitur gratis ongkir dan COD dan untuk penjual adanya support marketing seperti campaign mingguan, extra gratis ongkir , flash sale, dan campaign bulanan ditanggal kembar seperti 10.10 dan 11.11. Ini merupakan keuntungan bagi saya khususnya, karena konsumen menjadi terlayani dengan baik dan memuaskan,”ujar Irenia Sakinah sambal tersenyum.

            Sebelum mengakhir obrolan, Irenia menjelaskan, sebagai pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya, tentu saja dia termasuk yang taat akan kewajiban membayar pajak.”Sebagai pelaku usaha kecil yang tahu aturan, maka disini saya juga memenuhinya ketika harus membayar pajak bulanan, sebagai wajib pajak. “pungkasnya.

Sebagai catatan, bahwa Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) melansir sebanyak 3,79 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya. Jumlah ini berkisar 8 persen dari total pelaku UMKM yang ada di Indonesia, yakni 59,2 juta.Untuk menumbuhkan jumlah pelaku UMKM yang berselancar di dunia maya, Kemenkop UKM dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama dengan para pelaku e-commerce menggagas program bertajuk 8 Juta UMKM Go Online.Lewat kerja sama ini, pemerintah juga berharap dapat mempercepat transformasi UMKM di Indonesia menuju digital.

READ  SDN 2 Tugu Menerima Bantuan Penataan Lingkungan dari Banprov Jawa Barat

“Pelaku UMKM harus menjadi pemain utama dari perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Kita punya target bagaimana menjadikan 8 juta UMKM ini go online pada tahun 2019,” ujar Rudiantara Menteri Kominfo, di kawasan Harmoni, Rabu (15/11).

            Beberapa e-commerce di Indonesia  seperti   Shopee  sempat mengungkapkan komitmen mereka dalam mengikuti program ini, dan  menyatakan akan menjalankan roadshow untuk mengedukasi masyarakat agar jiwa kewirausahaan terbangun.(REDI MULYADI)***

Komentar