oleh

Meriahkan HUT RI ke-77, SDN 2 Sukamaju Menyelenggarakan Pesta Rakyat

Kota Tasikmalaya,LINTAS PENA–Pesta Rakyat mulai terdengar bergemuruh kembali. Setelah dua tahun terakhir seolah sunyi tertelan kegelapan covid-19 yang begitu mencekamnya pada saat Merayakan HUT RI. Namun, Perayaan HUT RI yang ke-77 ini sangat berbeda, Keseruan dan kebahagian pesta rakyat begitu mewarnai wajah bangsa Kita.   Sama halnya di SDN 2 Sukamaju Kel. Sukamajukaler, Indihiang, Kota Tasikmalaya pada Rabu (18/08/2022)., perayaan HUT RI yang ke-77 diselenggarakan berbagai perlombaan. 

Ratusan peserta didik antusias mengikuti berbagai perlombaan, mulai dari estafet karet menggunakan sedotan hingga permainan tradisional balap upih. Perlombaan dimulai dari kelas bawah yaitu lomba estafet karet menggunakan sedotan. Karet tersebut tidak boleh terjatuh karena jika terjatuh akan kembali lagi ke titik semula.

Selain lomba estafet karet menggunakan sedotan, perlombaan tradisional menarik yaitu balap upih menjadi tantangan tersediri untuk kelas atas. Di mana Satu orang anggota kelompok duduk di bagian pelepah pisang secara bergantian dan teman lain menariknya dari garis start sampai garis finish secara bergantian. Anggota kelompok yang selesai terlebih dulu dialah pemenangnya. “Ayo tarik, jangan sampai jatuh. Cepat cepat tarik pakai tenaga,” ucap salah satu penonton kelas lain, diiringi gelak tawa penonton teman kelasnya.

Ketua Penyelenggara perlombaan SDN 2 Sukamaju   Rizky Rahmawati, S.Pd mewakili Kepala Sekolah Budiman,S.Pd mengatakan bahwa perlombaan yang berlangsung merupakan yang pertama kali diadakan setelah dua tahun ini sunyi sepi lantaran pandemi covid-19 yang melanda bangsa kita.

“Sudah lama kita tidak melaksanakan perlombaan, maka dari itu tahun ini dari lomba estafet karet, balap karung, lomba makan kerupuk, lomba estafet balon, lomba pukul air, lomba tumpeng semua diadakan lah.. memang euforianya harus meriah tahun ini,’ ujar Ibu Rizky.

READ  Guru Penggerak Sebagai Pemimpin Pembelajar

Panitia pelaksana menjalin gotong royong dengan berbagai pihak yang terlibat salah satunya orang tua siswa. Orang tua siswa mulai dari jenjang kelas I sampai VI pun turut serta memeriahkan HUT RI yang ke-77 ini yaitu dengan mengikuti  lomba tumpeng. Lomba ini ditandingkan antar kelas dan orang tua bekerja sama begitu kompak mengikutinya.

Panitia menuturkan bahwa tujuan dari diadakannya perlombaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di SDN 2 Sukamaju ini adalah sebagai terapis mental baik untuk  siswa, orang tua ataupun guru itu sendiri dalam rangka memulihkan daya dan upaya diri pasca Covid-19 untuk pulih lebih cepat, dengan bangkit yang kian kuat melalui kepala tengadah dan tangan mengepal ke atas. Dalam artian siap menghadapi situasi dunia yang kian kompleks. Selain itu, mempererat tali persaudaraan serta silaturahmi pada sesama peserta didik dan orang tua, menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme peserta didik dan orang tua.(**

Komentar