oleh

Namimah “Adu Domba” Adalah Salah Satu Jenis Sihir

Oleh: Gus Fath (LKP Methaphysical Kirawa Master)

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu (beliau berkata), Rasulullah SAW  bersabda:

(أَلَا هَلْ أُنَبِّئُكُمْ مَا الْعَضْهُ ؟ هِيَ: النَّمِيمَةُ القَالَةُ بَيْنَ النَّاسِ). رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

“Inginkah engkau kuberitahukan tentang Al-‘Adhh? Itu adalah perbuatan mengadu domba, yaitu banyak membicarakan keburukan orang dan menghasut antar manusia.” [HR. Muslim]

Nabi Muhammad SAW ingin memeringatkan umatnya dari perbuatan yang menimbulkan permusuhan dikalangan manusia, dengan menukil ucapan sebagian mereka kepada sebagian lainnya, untuk merusak (hubungan).

Nabi Muhammad membuka pembicaraan dengan bentuk pertanyaan, agar tertanam lebih kuat dalam jiwa dan lebih menarik perhatian.

Maka Nabi Muhammad bertanya kepada mereka tentang Al-‘Adhh -yaitu sihir- kemudian beliau menjawab pertanyaan itu, bahwa al-adhhu adalah menukil ucapan di antara manusia untuk menimbulkan kerusakan dan banyak berbicara, serta menimbulkan permusuhan di kalangan manusia.

Hal itu termasuk jenis sihir, karena perbuatan tersebut menimbulkan dampak seperti dampak yang ditimbulkan oleh sihir berupa kerusakan dan perpecahan hati.

Nabi Muhammad SAW menjelaskan dalam hadist di atas, bahwa namimah adalah satu jenis sihir.

Faidah Hadist :

1. Bahwa namimah adalah satu jenis dari jenis-jenis sihir, karena ia menimbulkan dampak seperti yang dilakukan oleh sihir berupa perpecahan hati dan menimbulkan kerusakan di antara manusia, bukan karena pelaku namimah dihukumi seperti tukang sihir dari sisi kekafirannya dan sisi yang lainnya.

2. Keharaman namimah, dan bahwa ia adalah termasuk dosa besar.

3. Memberikan pelajaran dengan metode tanya jawab, karena hal itu tertanam lebih kuat dalam ingatan dan lebih menarik perhatian.

[Sumber: Penjelasan ringkas Kitab Tauhid karya Syaikh Shalih Al-Fauzan]

LKP Methaphysical Kirawa Master

JL. H. Midi Kavling Bawah No.50B Kel.Limo Kec.Limo Depok Jawa Barat

READ  Kalimat Sakti.... Ayat Tammah Versi Pendek

Komentar