oleh

Rojab Riswan Taufik,S.Sos.,M.Si Sekretaris DPRD Kota Tasikmalaya Raih Gelar Doktor Dengan Predikat Sangat Memuaskan di Universitas Pasundan

PROGRAM Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik, Rojab Riswan Taufik pada hari Rabu (28/12/2022).Acara yang berlangsung di Aula Mandalasaba dr. Djoenjoenan Lantai V Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatra No. 41 Kota Bandung ini diketuai oleh Rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf, Sp., M.Si., M.Kom.IPU.

Adapun disertasi yang disidangkan pada promosi Doktor Ilmu Sosial ini berjudul Strategi Pemekaran Wilayah Kelurahan Baru di Pemerintah Daerah Kota Tasikmalaya. IPK Rojab Riswan Taufik sebelum sidang terbuka adalah 3.66 dan IPK sidang terbuka 3.75. Berdasarkan hasil sidang tersebut, Rojab Riswan Taufik dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3.67 dengan yudisium sangat memuaskan.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat faktor-taktor dalam Pemekaran Wilayah Kelurahan Baru di Pemerintah Daerah Kota Tasikmalaya yaitu faktor luas daerah suatu wilayah, pembagian kekuasaan pemerintahan, jumlah penduduk, pegawai daerah dan keuangan daerah yang dapat mengefektifkan Pemekaran Wilayah Kelurahan Baru di Pemerintah Daerah Kota Tasikmalaya.

            “Namun dalam pelaksanaannya faktor-faktor tersebut belum sepenuhnya berjalan secara efektif, seperti, pegawai daerah dan keuangan daerah sehingga masih terdapat masalah yang dihadapi berkaitan dengan proses Pemekaran Wilayah Kelurahan Baru di Pemerintah Daerah Kota Tasikmalaya,” tuturnya.

Setelah sidang, Rojab Riswan Taufik yang juga Sekretaris DPRD Kota Tasikmalaya ini mengaku mempunyai kesan yang banyak selama menempuh pendidikan S3 di Unpas. Salah satunya adalah kekeluargaan yang sangat kental di Unpas. “Adat kesundaan itu kan kita sebagai orang Sunda harus silih asih, silih asah dan silih asuh dan ini terlihat di Universitas Pasundan. Saya sangat menikmati sekali menempuh pendidikan di Universitas Pasundan ini,” kata Rojab.

READ  Upacara Pencak Peringatan HUT RI Ke-73 Tingkat Kab.Tasikmalaya di Desa Tanjungkerja

Dia berharap Unpas terus maju. Dirinya pun bercita-cita sebagai alumni bisa membantu Unpas menjadi lebih besar lagi namanya.“Saya sebagai alumni tentu beban pundak saya bertambah dan harus menjaga kemajuan, kemudian nama baik Universitas Pasundan,” tutupnya.

Pada kesempatan itu, Rojab mengungkapkan rasa syukur yang mendalam karena telah berhasil meraih gelar Doktor dalam waktu kurang lebih 4 tahun”Saya hari ini Rabu 28 Desember 2022 akhirnya dapat menyelesaikan program Doktor Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Administrasi Publik di Universitas Pasundan Hanya dengan rasa syukur dan terima kasih tak terhingga hari ini saya bisa terbantu,terbingbing dan akhirnya menyekesaikan Studi S.3 ini “ungkapnya.

“Belajar dan mencari ilmu harus dilakukan sepanjang hayat”jelasnya

Menurut Rojab dalam mencari ilmu dan pengetahuan harus terus dilakukan hingga akhir hayat.pendidikan adalah sepanjang hayat tutur rojab.Keberhasilannya dalam meraih gelar Doktor berkat dukungan doa dan moral dari keluarga terutama orang tua”Berkat doa orang tua sesuatu yang sulit bisa terselesaiksn imbuhnya.

Kepada semua mari bersama-sama menghadirkan kebermanfaatan di dunia ini untuk bekal di akhirat kelak pungkasnya.(ADE BACHTIAR ALIF)*

Komentar