oleh

Sambut 1 Muharram 1444 H, Pemkab Kuningan Gelar Istighosah dan Tabligh Akbar

Kuningan,LINTAS PENA– Dalam menyambut tahun baru islam 1 Muharram 1444 H, Hari Kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia dan Hari Jadi Kuningan ke 524, Pemerintah Kabupaten Kuningan menggelar Istighosah dan Tabligh Akbar yang digelar di halaman Setda Kuningan pada Senin pagi (01/08). 

Dibuka secara resmi oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama SH MH, kegiatan berlangsung khidmat dengan diikuti oleh Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si , Pejabat Forkopimda, Sekretaris Daerah, Kepala SKPD, Ketua PKK, Staff ahli, Kepala Bagian Lingkup setda, Pimpinan Organisasi Keagamaan, Pimpinan organisasi masyarakat, Kiyai, alim ulama, ASN dan undangan lainnya. 

Menghadirkan Ustadzah Hj Qotrunnada Syathiry sebagai penceramah tunggal, Kegiatan Istighosah dan Tabligh akbar kali ini mengambil tema “Kita Kuatkan Solidaritas dan Kepedulian Terhadap Sesama, Menguatkan Keimanan, Ketakwaan Serta Persatuan dan Kesatuan Umat”

Pada sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa kegiatan Istighosah dan tabligh akbar ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah swt atas apa yg kita dapatkan tahun ini. Juga sebagai sarana bermuhasabah dalam meminta ampunan dan BimbinganNya. Juga dalam menyambut bulan Agustus, dimana kita akan merayakan peringatan HUT RI dan Hari jadi Kuningan semoga kita dapat meneruskan perjuangan dengan mengisi kemerdekaan melalui pembangunan ke arah yg lebih baik. 

“ Saya juga mengajak kepada semua umat islam khususnya di kabupaten kuningan untuk terus meneguhkan ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah basyariah, mari terus kita kembangkan budaya moderasi beragama, toleransi, inklusifitas dan ta’awun, sebarkan nilai-nilai islam rahmatan lil alamin, teladani akhlak nabi dengan mengajarkan kebersamaan dan toleransi serta menghindari syiar kebencian” tutur Bupati Acep.

Masih di katakan Bupati dalam sambutannya, saya juga mengajak seluruh kaum muslimin untuk memulai tahun baru hijriyah ini dengan tekad dan semangat muhasabah menuju perbaikan diri dan perbaikan masyarakat. sebagaimana tema yang diusung mari kita manfaatkan momentum tahun baru islam ini untuk kita tingkatkan dan kuatkan solidaritas dan kepedulian sosial kita terhadap sesama terlebih di pasca pandemi saat ini, menguatkan keimanan, ketakwaan, dan menjaga persatuan dan kesatuan umat.

READ  Bupati Bangga, Atlet NPCI Kuningan Harumkan Olahraga Kuningan

“ Dengan penuh harapan dan berdo’a penuh keyakinan, semoga allah swt., senantiasa memberkahi dan melindungi masyarakat kabupaten kuningan khususnya dihindarkan dari segala mara bahaya dan bencana” Harap dan doanya.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Kuningan H. Nunung Nurjati dalam laporan nya menerangkan, kegiatan ini merupakan program pemerintah daerah setiap tahun yang ada pada bagian kesra setda kabupaten kuningan, bekerjasama dengan panitia peringatan hari besar nasional (PHBN) Tingkat Kabupaten Kuningan.

Lanjut, Kabag Kesra H. Nunung, kegiatan tersebut mengangkat tema “Melalui Bulan Muharram Kita Kuatkan Solidaritas dan Kepedulian Terhadap Sesama, Menguatkan Keimanan, Ketakwaan, serta Persatuan dan kesatuan Umat.

Dijelaskan nya, kegiatan ini bertujuan untuk meneladani peristiwa penting sejarah islam perihal penghijrahan nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan Peringatan Tahun Baru Islam sebagai momentum untuk menguatkan solidaritas dan kepedulian sosial terhadap sesama. (ADING MULYADI/ Diskominfo).

Komentar