oleh

Smartphone dan Penguatan Pendidikan Karakter

Oleh : Rudi Mahar Nurjaman, S.Pd. (Guru PJOK SDN 1 Manangga Kec. Bungursari Kota Tasikmalaya). DI ZAMAN  sekarang di era teknologi yang begitu bebas dan gencar alat komunikasi sangatlah penting untuk menjalin dan salin bertukar informasi antar pihak, contoh nyata hasil perkembangan teknology komunikasi saat ini  adalah dengan munculnya alat komunikasi tanpa saluran kabel yang membentang yaitu smartphone.  Bahkan alat komunikasi ini sudah sangatlah cangih dan sangatlah pesat perkembangannya sehingga dapat di pakai berbagai macam kepentingan oleh para penggunanya.

Akan tetapi tanpa kita sadari semartphone juga memberikan banyak dampak positif dan negatif secarara signifikan bagi para penggunanya. Dampak positif bagi para pemakainya yaitu dengan memakainya sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan karena di dalam perangkat ini terdapat sekali banyak aplikasi, dengan aplikasi inilah pemakai dapat melakukan berbagai kegiatan seperti belajar jarak jauh (PJJ) yang sering disebut dengan belajar on line bahkan berbisnis dari sekala kecil sampai dengan sekala besar sesuai dengan bidang yang digelutinya.

Bagi dunia pendidikan ( pelajar ) semartphone sangat berpengaruh sekali selain alat untuk berkomunikasi alat ini bisa digunakan sebagai media untuk bertukar pemikiran dan pendapat sesuai dengan bidang yang di ampunya sehingga dapat dijadikan referensi online pendidikan.  Dalam kata lain segala sesuatu tidak ada yang sulit dan susah semuanya mudah sekali jadi kenyataan untuk mengejar semua keinginan bisa diraih dengan waktu yang relatif singkat.

Hadirnya alat teknologi ini dapat mengubah segala tatanan hidup khusunya dunia pendidikan sehingga membuat prilaku menjadi apatis karena kurangnya berinteraksi antara sesama dan bahkan sering sekali disalah gunakan fungsinya seperti mengunggah kegiatan yang kurang efektif yang bersipat pornografi yang dapat merusak moral generasi penerus bangsa, tindakan kekerasan yang mengarah kepada tindakan kriminal, terkikisnya budaya sosial antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru dan wali kelasnya bahkan dengan semua masarakat yang terlibat dalam dunia pendidikan yang sudah menjadi tradisi keseharian di lingkungan pendidikan untuk berinteraksi. Untuk itu gunakan smartphone atau gadget dengan memanagerial supaya dapat membentuk perubahan karakter kearah yang lebih baik.

 Firman Alloh SWT dalam QS. Anisa menyatakan “ Hai sekalian manusia bertaqwalah kepada Tuhan Mu yang telah menyiptakan kamu dari  diri yang satu (Adam), dan (Alloh) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)nya dan dari kuduanya Alloh memperkembangbiakan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertaqwala kepada Alloh yang dengan nama Nya kamu saling meminta,  dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. sesungguhnya Alloh selalu menjaga dan mengawasimu”.    

Komentar

News Feed