oleh

Orang Nomor Satu di Kogabwilhan III Tinjau Langsung Kesiapan Satuan TNI Tiga Matra dan Pos Satgas TNI Pulau Terluar Utara NKRI

Morotai, LINTAS PENA– Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) dalam lanjutan Kunjungan Kerja (Kunker) di wilayah jajaran Kogabwilhan III, kali ini melaksanakan kegiatan di wilayah Morotai untuk pengecekan secara langsung kesiapan Satuan TNI Tiga Matra dan Pos Satgas TNI yang ada di Morotai, Jumat (29/7/2022).

Rangkaian kegiatan Pangkogabwilhan III diawali dengan Kunker ke Lanud Leo Watimena Morotai sekaligus pengarahan kepada para Dansat TNI Wilayah, Kunker ke Lanal Morotai dilanjutkan peninjauan, Kunker ke Pos Satgas Yonif 732 Daruba dilanjutkan Jamdan dan penyerahan Sargal dan Kunker ke Koramil 1508-05 Daruba.

Dalam pengarahannya, Pangkogabwilhan III mengapresiasi dan memberikan semangat atas pengabdian prajurit yang bertugas di daerah terluar wilayah NKRI tersebut. “Kalian adalah Prajurit yang hebat, Prajurit terpilih yang dipercaya untuk melaksanakan tugas di Morotai, dilahirkan dan hidup di sini dari situasi yang serba terbatas, kalian harus tetap semangat, jaga moril, tunjukkan karya-karyamu selama melaksanakan tugas untuk pengabdian demi kedaulatan NKRI,” ujar Pangkogabwilhan III.

Lebih lanjut, Pangkogabwilhan III mengingatkan kepada seluruh jajaran TNI yang ada di wilayah Morotai, terkait tugas pokok TNI sesuai dengan aturan perundangan, khususnya menjaga Kedaulatan NKRI di ujung perbatasan utara Indonesia bagian timur, di mana wilayah Morotai pernah menjadi guratan sejarah Perang Dunia ke II Sekutu dengan Jepang dan kita Indonesia, banyak cerita dan nilai-nilai pertempuran yang terjadi di Tanah Morotai.

Di samping itu kegiatan pelaksanaan pembinaan teritorial (Binter) dan komunikasi sosial (komsos) harus mampu merebut hati rakyat dan bersama rakyat membangun negeri. Diingatkan juga agar para prajurit jangan lupa memperhatikan keluarga masing-masing, bangun keluarga yang harmonis, untuk menyiapkan masa depan putra-putrinya, sehingga keluarga sejahtera juga terwujud dalam mendukung pelaksanaan tugas.

READ  Ngaji Diri INSAN KAMIL Dalam Huruf Hijiyah

“Tugas kita yang utama adalah menjaga Kedaulatan NKRI dari ancaman musuh dan juga melaksanakan Pembinaan Teritorial sesuai perintah Panglima TNI, buat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, Saya ingin kalian menjadi prajurit-prajurit solusi, Kau jadi Babinsa, Kau jadi Danramil, Kau harus menjadi solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat, keberadaanmu harus berarti, jangan sampai masyarakat di wilayahmu ada yang tidak kenal sama kalian, karena tidak pernah datang untuk pembinaan wilayahmu,” tegas Letjen Cantiasa.

“Intinya kamu harus dekat-dekat dengan rakyat, bangun Kemanunggalan TNI Rakyat, kau dekati rakyat, dengarkan, dampingi mereka dan juga monitor di lapangan, kalau ada terjadi sesuatu agar diambil langkah-langkah cepat untuk penyelesaiannya, jangan digantung permasalahan tersebut karena yang korban nanti masyarakat, kasihan.

“Jangan lupa jaga kesehatan pribadi dan keluarga, waktu yang ada manfaatkan untuk membina keluargamu walaupun situasinya seperti ini dan ingat bahwa investasi terbaik adalah anak, siapkan juga anak kalian kita semakin tua berharap tenang dan punya masa depan, tetap semangat, Tuhan bersama kita di mana pun kita bertugas dan berada,” pungkasnya. (*)

Komentar